Pacu Jawi (Cow Race)



Persiapan sebelum berpacuSiang blogger, setelah panek-panek membahas tentang Rumah Gadang yang ada di Sumatera Barat, kali ini Saya mau membahas tentang Pacu Jawi atau dalam bahasa Indonesianya dapat disebut balapan sapi.

Pacu Jawi adalah sebuah perlombaan yang hanya dapat anda temukan di kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. Setiap tahun pacu jawi ini diselenggarakan secara bergeliran selama empat  minggu di empat kecamatan di kabupaten Tanah Datar yaitu kecamatan Pariangan, kecamatan Rambatan, kecamatan Limo Kaum, dan kecamatan Sungai Tarab.
Pacu jawi telah ada sejak ratusan tahun lalu, pada awalnya kegiatan ini dilakukan oleh petani sehabis musim panen untuk mengisi waktu luangsekaligus menjadi sarana hiburan bagi masyarakat sekitar.

Pacu Jawi disini dilakukan di sawah-sawah milik masyarakat sehabis panen dalam kondisi balunau atau berlumpur. Uniknya , sepasang Jawi(sapi) hanya berlari sendirian tanpa lawan, bukan dengan pasangan lawan sebagaimana layaknya pelombaan. Cara penilaiannya adalah lurus atau tidak lurusnya sepasang sapi dalam berlari, disamping penilaian waktu tempuh lintasan. Selain itu, kegiatan ini juga dipadukan dengan tradisi masyarakat setempat, seperti penampilan tarian dan permainan alat musik tradisional.

Seorang joki mengendarai sepasang jawi yang diapit oleh peralatan pembajak sawah sambil memegang tali dan mengigit ekor kedua jawi. Dimana seorang joki akan dibekali alat pacu yang terbuat dari bambu sebagai alat berpijak. Pemenang pacu jawi adalah yang sepasang sapinya dapat berlari paling lurus tanpa sedikitpun berkelokhingga ke garis akhir atau finish. Biasanya dalam suatuperlombaan akan terlihatbanyak sapi yang berbelok bahkan berpindah ke sawah lain.

Berikut beberapa foto yang diambil oleh fotografer amatiran alias baru baraja mafoto urang :


Persiapan sebelum berpacu


Jokinya ikut kotor-kotoran


Joki menggigit ekor sapi agar larinya lebih kencang


Pacu Jawi di Rambatan, Tanah Datar


Pacu Jawi hanya ada di 4 kecematan


Penontonpun Ikut Terkena Lumpur
Alah lu panek lo tangan buruak Ambo k mangetik dari tadi nyo. Bisuak disambuang liak :D, assalamu'alaikum dunsanak kasadonyo.

blogger yang baik selalu belajar kreatif.. :D
Pacu Jawi (Cow Race) Pacu Jawi (Cow Race) Reviewed by nomsyifal on May 22, 2012 Rating: 5

2 comments:

Recents

Powered by Blogger.