Jatuh Cinta dengan Tipografi

Selamat sore menjelang malam semua, udah setahun ngak ngeposting nih, gimana kabar anda pada hari ini? masih galau ditinggal pacar ataau udah move on? hahahaha.. Kali ini saya mau ngebahas tentang awal mula saya kepincut atau tertarik dengan "Typography".

Dua tahun lalu yang saya tahu tentang photoshop hanya buat ngedit-ngedit foto, buat ngilangin jerawat di wajah, buat ngemutihin yang hitam, yang hitam jadi putih dan editan alay lainnya :D. Setahun berlalu dengan pengeditan abal-abal dan ngak jelas plus ilmu dikepala ngak nambah2, saya mulai bosan dan ingin mencoba hal baru yang lebih seru, coba-coba browsing di internet, eeeh nemu gambar yang kaya gambar yang ini -->>, saya klik aja tu gambar dan langsung menuju websitenya, setelah baca artikelnya akhirnya saya tahu kalau ini namanya Typography.

Apa itu Typography?? (Indonesia= Tipografi)
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang seni dan desain huruf (termasuk simbol) dalam aplikasinya untuk media komunikasi visual melalui metode penataan layout, bentuk, uukuran dan sifatnya sehingga pesan yang akan disampaikan sesuai dengan yang diharapkan.

Secara modern, tipografi berkaitan dengan penataan huruf pada media elektronik, baik dari segi tampilan maupun outputnya ke berbagai media cetak.

Sedangkan secara tradisonal, tipografi berkaitan dengan penataan huruf melalui media manual berupa lempeng baja yang timbul atau karet (stempel) yang timbul yang berkenaan dengan tinta dan akan dituangkan ke permukaan kertas. Pengertian ini saya ambil dari blog om: sunardi purwosuwito .

Setelah baca-baca semua hal tentang tipografi mulai dari blog ini sampai blog itu, blog sana, blog sini, saya jatuh cinta sama seni yang satu ini, seni "Typography". Awalnya saya juga kesulitan menemukan ide-ide brilian untuk menciptakan sebuah tipografi yang indah atau bagus. Tanpa pikir panjang (sapanjang tali baruak, kecek urang Minang), photoshop dibuka dan mulailah berselancar mengarungi lautan kata-kata yang bersekan di dalam kepala.

Karena berasal dari Minangkabau (Sumatera Barat),saya gunakan saja kata-kata yang berhubungan dengan kampung halaman saya ini. Alih-alih menghasilkan karya yang bagus, hasilnya malah ngak sesuai dengan harpan yang di inginkan. yaaaaaa namanya juga anak baru belajar, ngak mungkin hasilnya langsung bagus serpeti seorang yang udah mahir atau orang yang sudah master dalam bidang tipografi seperti Erik Spiekermann dan Abduzeedo, yaaaaaaa ga???..

Setelah mencoba untuk membuat sebuah tipografi akhirnya selesai dan hasilnya?? yaaaaa,,,!! nga hancur-hancur amat, kalo bahasa halusnya 'kurang bagus' hahahahaahaaa. Berikut beberapa tipografi hasil ciptaan ane yang hancur itu, kalau kurang bagus jangan diketawain ya sahabat blogger, dan buat yang udah "Master" dalam hal ini harap dimaklumi saja, karena saya baru dalam dunia per-tipografi-an ini, makasih! inilah hasil pertama saya cekibrooootttt gan :)......

Ini yang pertama kali, hancur beeuuuuddd!!
kkkkkkkkk

Yang kedua nih, hancur juga yaaa? hahaa
Makan Randang

 Ini gimana??
Nagari Tuo Pariangan

Yang ini gaya Rumah Gadang udah bagusan dikit!
Rumah Gadang Tipografi  

 kalo ini udah mirip bikinan para master ya, hahha
Alam Takambang Jadi Guru

  Jangan ngaku orang Minang, kalau belum coba Teh Talua (yang ini pake corel draw)
Urang Minang Minum Teh Talua


I Love Typography! (favorit ane)
I Love Typography by Nomsyifal

Berkat kerja keras dan selalu mencari tutorial tentang tipografi, setelah satu tahun perkenalan saya dengan tipografi, sekarang saya sudah mulai bisa membuat ini dan itu walaupun ngak sebagus para masternya :). Untuk tutorial dan lain sebagainya silahkan anda cari saja di Youtube atau tanya Mbah Google. Semuanya berserakan di internet..

Oh iya hampir lupa, untuk membuat tipografi ngak cuma bisa di photoshop saja, Software2 lain yang sejenis dengan photoshop juga bisa, terserah deh mau pake yang mana. Tapi saya lebih suka memakai Photoshop, karena apa? karena hanya photoshop yang ada di laptop saya hahahhahahahaaaa.

Sekian dulu untuk hari ini, kalau fotonya kurang bagus maafkanlah saya. Untuk karya yang bagus-bagusnya akan saya tuangkan pada artikel selanjutnya. Terima Kasih telah membaca artikel saya semoga bermanfaat.. Daaadadaaaaaaahhhh *lempar laptop**kalian semua luar biasaaa*
Jatuh Cinta dengan Tipografi Jatuh Cinta dengan Tipografi Reviewed by nomsyifal on January 13, 2013 Rating: 5

1 comment:

Recents

Powered by Blogger.