Ranah Minang "Baralek Gadang" | Tour de Singkarak 2013


Tour de Singkarak 2013
Tour de Singkarak | foto : tourdesingkarak.com
Pada bulan juni mendatang Ranah Minang "Baralek Gadang" yang akan mengadakan Even balap "Kareta Angin" atau balap sepeda Internasional Tour de Sing­karak (TdS) untuk keli­ma kalinya pada tang­gal 2 hingga 9 Juni 2013. TdS tahun ini akan menggenjot 9 kabupaten dan 7 kota di Sumatera Barat dengan jarak tempuh 1000 kilometer lebih, bertambah dari tahun lalu yang berjarak 854 km.

Sembilan kabupaten yang ikut menjadi tuan rumah TdS 2013 tersebut adalah Solok, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Agam dan dua kabupaten masih di survei, yaitu Pasaman dan Dharmasraya. Sedangkan 7 kota adalah Padang, Pariaman, Padang Panjang, Solok, Bukittinggi, Sawah­lunto dan Payakumbuh.

Setiap kabupaten dan kota yang menjadi tuan rumah, memiliki acara tersendiri untuk memeriahkan TdS. Seperti di Payakumbuh, disini akan diadakan lomba "Pacu Itiak" dan sepeda massal. Seperti yang kita semua ketahui, TdS telah menjadi agenda resmi tahunan Organisasi Balap Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale). Besar hadiah yang akan diperebutkan, juga terjadi pe­ningkatan dari Rp1 miliar menjadi Rp1,2 miliar (itu duit semua broo!) yang akan diperebutkan oleh 25 tim balap sepeda dunia. Ngeliat hadiahnya, Saya jadi kepengen ikut balapan *gimana mau ikut, lari 50 meter aja udah ngos-ngosan* hahahhaaa..

Penyelenggaraan TdS bertujuan untuk mempromosikan Pariwisata Sumatera Barat kepada dunia, ini terlihat pada rute yang dilalui oleh pebalap dan official tim adalah daerah-daerah yang memang menjadi tujuan para wisatawan. Kawasan yang ditempuh seperti Lembah Harau, Danau Maninjau, Kelok 44, Danau Diatas Danau Dibawah, dan masih banyak lagi. Tak heran Tour de Singkarak berada pada urutan ke-5 sebagai pengunjung terbesar dalam kompetisi balap sepeda dunia. Pada tahun ini, pengambilan gambar juga diambil dari udara menggunakan Helikopter selama acara berlansung.

Pebalap melewati Lembah Harau
hati-hati ya mas? entar jatuh.
Tour de Singkarak memberikan dampak positif ter­hadap ekonomi dan budaya masyarakat Sumbar. Setelah empat kali penyelenggaraannya, tahun ini paket wisata akan disiapkan bagi wisatawan yang tertarik menyaksikan langsung Tour de Singkarak *kaya ujian UN aja, pake paket segala, haahahaaa :D*.

Sebagai masyarakat Minang, mari kita dukung dan meriahkan salah satu ajang balap sepeda kelas dunia yang menjadi kebanggaan Urang Awak ini dengan cara menjaga budaya dan keindahan alam Minangkabau.

Satu pesan saya untuk pemerintah, Pak Gubernur dan bapak-bapak yang lainnya! tolong dong diperbaiki jalan-jalan yang masih berlubang dan yang sudah tidak layak pakai didaerah Sumbar *woi Jang! itu mah kerjaan petugas PU, bukan kerjaannya pak Gubernur* hahaahaaaa,, yaaaaaa, kalo bukan tugasnya pak gubernur! se-enggak2nya jadi tukang ngucurin dana buat bangun jalan lah.. peace pak... :D :D..

Cukup sekian untuk kali ini, terimakasih.
Assalamu'alaikum
sumbernya banyak ciyn

Ranah Minang "Baralek Gadang" | Tour de Singkarak 2013 Ranah Minang "Baralek Gadang" | Tour de Singkarak 2013 Reviewed by nomsyifal on May 15, 2013 Rating: 5

1 comment:

  1. Selain diolah menjadi berbagai macam sajian kuliner yang nikmat, terutama di Minangkabau yang terkenal dengan gulai itiak atau itiak lado mudo, Itiak atau itik juga menjadi ajang balapan di Ranah Payakumbuh, rasakan dan nikmati pengalaman balapan itik disertai pengalaman belajar memasak yang tak terlupakan
    kunjungi kami RAIN BOUND TRIP : EAT, SHOOP, TRAVEL terima kasih

    ReplyDelete

Recents

Powered by Blogger.